Friday, June 7, 2013

Pengalaman Buat Visa Turis Australia

Pengalaman Buat Visa Turis Australia - Mau share aja tentang pengalaman membuat visa turis ke Australia. Pada awal januari 2013 lalu sewaktu ada liburan dari kantor, saya mulai merencanakan liburan. Pada akhirnya pilihan jatuh ke Sydney Australia. Karena untuk pergi ke negara Australia perlu visa maka saya mempersiapkannya. Setelah ke kedutaan besar Australia di daerah Jln Rasuna Said Jakarta, ternyata ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk membuat visa turis tersebut yaitu ( saya kutip dari web resminya http://www.indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/Checklist_Visitor.html )

Pengalaman Buat Visa Turis Australia
Australian Visa
Jadi untuk pemohon visa yang bertujuan mengunjungi Australia untuk berlibur, mengunjungi keluarga atau teman atau untuk keperluan kunjungan singkat non-bekerja lainnya, termasuk belajar untuk jangka waktu tidak lebih dari 3 bulan. Ada 4 tipe untuk jenis visa ini:

  1. Turis. Untuk pemohon yang bertujuan mengunjungi Australia untuk berlibur, mengunjungi keluarga atau teman atau untuk keperluan kunjungan singkat non-bekerja lainnya, termasuk belajar untuk jangka waktu tidak lebih dari 3 bulan. 
  2. Kunjungan Bisnis. Untuk pemohon yang bertujuan melakukan kegiatan bisnis singkat, termasuk: Keperluan bisnis secara general atau keperluan pemerintahan; Negosiasi kontrak; Kunjungan kenegaraan; Menghadiri konferensi, seminar, wawancara pekerjaan atau ujian profesi.
  3. Sponsored Family – diajukan dan diproses di Australia
  4. Approved Destination Status (ADS) – hanya untuk pemohon yang berdomisili dan mengajukan di P.R.C

Nah ini daftar pesyaratan dokumen-dokumen dibawah ini yang harus dilampirkan dengan permohonan visa:

1. Formulir permohonan yang dilengkapi dan ditanda tangani
  • Turis stream – Download Formulir 1419 disini
  • Kunjungan Bisnis stream – Download Formulir 1415 disini
2. Membayar biaya permohonan visa turis: Rp. 1,190,000 (per 23 Maret 2013). Daftar biaya lengkap lihat disini

3. Fotokopi dari paspor (halaman biodata, perubahan/tambahan-jika ada, halaman visa dan cap imigrasi) yang masih berlaku paling tidak 12 bulan dan paspor lama (jika ada).

4. 1 lembar pas foto anda yang terbaru ukuran 4 x 6.

5. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga

6. Formulir 956/956A jika anda menguasakan pihak ketiga untuk berkomunikasi dengan DIAC mengenai permohonan anda.

7. Jika anda bekerja, bukti pekerjaan anda. Ini biasanya berupa surat keterangan di dalam kop surat dari perusahaan yang mencantumkan tugas anda, lama bekerja, gaji, dan lama cuti yang disetujui. Jika perusahaan anda yang membiayai kunjungan anda, harus dicantumkan dalam surat referensi. Jika anda bekerja sendiri, anda harus melampirkan bukti kepemilikan perusahaan (seperti registrasi perusahaan atau sertifikat pemegang saham). Jika orang lain yang memberikan dukungan untuk permohonan anda, surat keterangan dari orang tersebut yang menyatakan tujuan kunjungan anda, lama tinggal, hubungan anda dengan mereka, dan jenis dukungan yang diberikan (contoh: keuangan, akomodasi, dll). Jika orang ini berada di Australia, lampirkan bukti status mereka (contoh: fotokopi paspor Australia atau visa Australia)

8. Bukti anda mempunyai keuangan yang cukup (dana) atau akses ke dana tersebut untuk menyokong anda (dan anggota keluarga yang berpergian bersama) selama anda tinggal di Australia. Contoh: buku bank terakhir, rekening koran 3 bulan terakhir. 

9. Jika anda berumur di bawah 18 tahun dan berpergian tanpa kedua orangtua, surat ijin dari kedua orangtua kandung dan/atau Formulir 1229 dan fotokopi KTP mereka; atau berpergian dengan salah satu orangtua, surat ijin dari orangtua yang tidak pergi dan/atau Formulir 1229 dan fotokopi KTP. Jika anda berumur 75 tahun, diperlukan tes kesehatan (Formulir 26) di salah satu panel dokter dan asuransi perjalanan selama masa tinggal anda di Australia

10. Bukti lain yang mendukung permohonan anda misalnya:
  • Bukti pemeriksaan kesehatan
  • Untuk Kunjungan Bisnis: surat undangan dari bisnis/organisasi di Australia yang memberikan dukungan untuk kunjungan anda, yang menyatakan alasan keperluan keberadaan anda dan kegiatan yang anda akan lakukan di Australia.
  • Untuk Turis stream: Jika anda mengunjungi keluarga atau anggota keluarga lain di Australia-Bukti hubungan dengan orang tersebut. Contoh: akte nikah, akte lahir, surat keterangan yang menyatakan hubungan, atau kombinasi dari dokumen tersebut. 
Jika sudah memiliki dokumen-dokumen yang telah dijelaskan telah lengkap, maka segera kirimkan ke Kedutaan Besar Australia dengan alamat pengajuan aplikasi visa: 
Pusat Permohonan Visa Australia (Australia Visa Application Centre/AVAC), yaitu melalui VFS Global, (perusahaan yang ditunjuk oleh Kedutaan Besar Australia) di Plaza Abda, lantai 22, Jl. Jendral Sudirman, Kav 59, Jakarta. Beroperasi dari pukul 08:30 sampai pukul 16:00 WIB dari Senin hingga Jumat. 
Pengalaman saya sih untuk mengurus visa turis prosesnya lumayan cepat sekitar 5 hari kerja atau satu mingguan. Setelah jadi visa, liburan ke Australia jadi kenyataan :)

2 comments:

maz,bole minta di email kan alamat email vfs global n australian embassy? tx bfr...oiya ni email ku;dahliadamayanti77@gmail com atau irclia_77@yahoo.com

saya sih rencana nya pacar saya yang kebetulan australian dan mau datang kejakarta mau urusi visa untuk ke australia dan kita sudah bertunangan..tapi saya sudah tidak bekerja lagi di perusahaan..bukti apa ya yang bisa menguatkan saya bisa ke australia..

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More